Perkembangan Bertransaksi

Disaat ini terdapat banyak kemudahan bertransaksi dengan menggunakan media internet atau online. Dengan adanya berbagai macam situs yang memanjakan mata untuk dapat melihat segala jenis produk mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan lifestyle seseorang.

Beberapa saat yang lalu, salah satu teman saya mencari pakaian pengantin jawa,  sedangkan calon suaminya mencari cincin untuk pernikahan mereka. Mereka akhirnya memutuskan untuk membeli secara online. Bahkan, sampai ke urusan souvenir pernikahan, mereka membeli secara online.

Jika dahulu, ketika belum adanya internet, maka kedua temanku itu harus mencari kebanyak tempat untuk mencari segala perlengkapan pernikahan mereka yang mereka butuhkan. Hal itu akan menguras tenaga, waktu dan pikiran mereka karena banyaknya jenis barang yang harus dipilih, begitupun harga-harga yang ditawarkan.

Saat ini, mereka hanya tinggal duduk di hadapan komputer dan mencari semua perlengkapan mereka melalui internet. Lebih menghemat waktu, dan tidak menguras tenaga mereka. Keuntungan lainnya, mereka mempunyai banyak pilihan produk dari dalam dan luar negeri dengan kualitas yang beragam.

Tapi namanya orang Indonesia, yang jika belum sentuh suatu barang, belum bisa dikatakan sah membeli barang, begitu juga dengan temanku ini. Ia akhirnya memilih sebuah pakaian cantik untuk hari besarnya dari salah satu butik online yang berada di daerah Bandung. Ia mendatangi pemilik butik online tersebut untuk melihat langsung pakaian tersebut dan mencobanya. Untungnya pakaian tersebut pas dibadannya, jika tidak, ia mungkin harus kembali dari 0 mencari pakaian pengantin.

Saat itu temanku beralasan, ia bisa saja langsung memesan pakaian tersebut. Tapi kendalanya, pakaian tersebut tidak dapat dikembalikan jika sudah dikirim ke alamatnya. Maka karena itulah, ia berkorban untuk langsung melihat sendiri pakaian dan mencobanya ditempat.

Dimasa depan, hal ini seharusnya bisa diatasi. Seperti website yang menampilkan gambaran lengkap produk yang dijual, jika dalam kasus temanku ini, sampai ke ukuran detail baju pengantin tersebut. Dengan adanya keterangan lengkap produk, dapat meyakinkan calon pembeli untuk langsung bertransaksi online. Tidak harus ia datang langsung ke tempat pemilik website seperti yang dilakukan oleh temanku itu.

As_3d

Menurutmu cerita ini bagaimana?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Mumble-ing