Apakah e-procurement membuat perusahaan lebih efisien?

E-Procurement adalah transaksi penjualan dan pembelian B2B (business-to-business) barang dan jasa melalui internet. Biasanya website E-Procurement memperbolehkan user yang terdaftar untuk dapat mencari penjual atau pembeli dari barang dan jasa. Karena E-Procurement menyediakan informasi lengkap mengenai data-data pembeli atau penjual serta barang dan jasa apa yang mereka tawarkan. Software dari E-Procurement juga mempermudah automatisasi dari kegiatan pembelian dan penjualan, sehingga transaksi yang terjadi dapat berlangsung cepat.

Salah satu contoh perusahaan yang telah menggunakan E-Procurement adalah PT. Aneka Tambang (Antam). Struktur biaya operasional PT. Antam didominasi oleh biaya material dan biaya pelayanan. Oleh karena itu, PT. Antam membutuhkan sinergi dan kerjasama dengan partner dan supplier mereka untuk dapat menyediakan produk dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan kualitas produk di waktu yang tepat, lokasi yang benar dan dengan biaya terendah. Hal ini dikarenakan PT. Antam ingin mewujudkan salah satu misi mereka untuk menjalankan perusahaan secara efisien dan menjaga daya saing di industri tambang. Salah satu usaha yang dilakukan adalah meningkatkan teknologi supply chain management (SCM) dengan penggunaan E-Procurement.

Dengan penggunaan E-Procurement, PT. Antam mendapatkan banyak kelebihan seperti :

  • Penghematan biaya logistik dengan mempersingkat siklus logistik.
  • Pencarian infomasi transaksi yang mudah dan pembayaran yang terotomatisasi
  • Informasi dapat dikendalikan dengan baik
  • penghematan waktu pemilihan barang dan jasa.
  • Mendapatkan proses pemilihan barang dan jasa yang adil dan transparan
  • Meningkatkan profit perusahaan secara signifikan
  • Mengurangi tingkat kesalahan pada user

Dari contoh PT. Antam, terbukti bahwa E-Procurement dapat membuat suatu perusahaan lebih efisien dan juga meningkatkan profitabilitas perusahaan. Tetapi, ada beberapa kendala yang dapat timbul dengan penggunaan E-Procurement disuatu perusahaan. Sistem E-Procurement membutuhkan investasi dana yang cukup besar, karena membutuhkan infrastruktur besar juga pelatihan kepada user-user. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sistem harus dapat terintegrasi dengan supplier. Untuk PT. Antam, kendala ini cukup teratasi, karena adanya dukungan dari para partner dan supplier mereka.

As_3d

1 Comment (+add yours?)

  1. Ivo
    Oct 28, 2009 @ 07:58:58

    Mas Zadika,

    Boleh tau Antam pakai software e-procurement apa ya

    Salam,
    Ivo

Menurutmu cerita ini bagaimana?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Mumble-ing