Langkah membuat Website

Kenapa sebuah perusahaan butuh website? Hal ini dikarenakan orang- orang saat ini sudah mulai menggunakan internet untuk mencari dan mendapatkan produk yang diinginkan / dibutuhkan. Dengan begitu perusahaan dapat mengenalkan produk yang dimilikinya kepada calon pelanggan, terutama pelanggan online. Selain untuk meningkatkan penjualan produk, website juga berguna untuk arus informasi dari pelanggan kepada perusahaan.

Tapi membuat website itu tidak boleh sembarangan dan asal jadi. Harus disesuaikan dengan tujuan utama perusahaan ketika membuat website. Apakah website hanyalah digunakan sebagai katalog produk, ataukah hingga sampai ke arah customer service center. Untuk itu, saya coba merumuskan beberapa langkah-langkah sebaiknya membuat website.

1. Menentukan dan mendaftarkan nama domain website

Nama adalah faktor terpenting. Karena dari nama akan tercermin apa isi dari sebuah website. Semakin unik dan aneh nama yang dipilih, semakin akan menarik rasa ingin tahu para pengguna internet. Langkah ini sangat penting. Maka sebaiknya jika ingin membuat website harus direncanakan dengan matang nama website nya.

2. Menentukan isi website

Isi sebuah website haruslah singkat, padat, jelas dan menarik. Isi website tidak boleh terlalu kaku dan bertele-tele. Juga harus membuat tampilan website yang eye catching, dapat membangkitkan rasa penasaran orang-orang di internet untuk melihat website perusahaan.

Untuk template design website, perusahaan yang masih skala kecil tidak usah mahal-mahal merekrut seorang web designer. Selain mahal dari sisi biaya develop web, juga dari sisi waktu yang memakan waktu lama. Perusahaan dapat mengatasi dengan memakai tempelate blog seperti wordpress atau blogger. Hingga perusahaan tinggal mengisi web layaknya menulis sebuah blog. Proses ini selain lebih cepat, mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

3. Menentukan web hosting

Hal ini penting, karena di web hostinglah semua data website perusahaan akan disimpan. Pilihlah beberapa web hosting yang berbayar, dengan begitu akan mempermudah perusahaan dalam memaintain website perusahaan.

4. Promosikan website

Setelah selesai 3 tahap diatas, maka yang terpenting adalah mempromosikan website tersebut kepada masyarakat online. Caranya banyak. Dapat dengan ‘meninggalkan jejak website’ di forum-forum online yang diikuti perusahaan, dengan iklan banner, di media massa, ataupun word of mouth. Tapi yang paling effektif adalah dengan mendaftarkan ke search engine seperti yahoo, google di Internet. Bisa juga melakukan promosi melalui produk, majalah, katalog, eCards, layanan webmail, dan lain-lain.

5. Update Website

Setelah mempunyai sebuah website, maka perusahaan harus terus mengupdate agar isi website perusahaan. Suatu situs web yang baik akan selalu menunjukkan aktivitas updating content yang baik. Dengan semakin seringnya content diperbaharui (ditambah, diganti, dikoreksi, diperiksa link-nya, dan lain-lain) menunjukkan kepada penjelajah situs bahwa memang situs anda adalah situs yang benar-benar terurus. Hal seperti ini sangat direkomendasikan untuk situs-situs penyedia informasi di mana informasinya itu sering berkembang dalam rentang waktu yang singkat, seperti situs-situs majalah, koran, bursa, dan lain-lain.

6. Menambahkan feature-feature yang menarik

Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal maka Anda dapat membuat suatu layanan/feature khusus dari situs web Anda yang dapat menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan fasilitas/layanan yang disediakan kemudian membuat mereka penasaran untuk mengeksplorasi lebih lanjut situs web kita. Beberapa contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter, dan lain-lain. Ada beberapa cara untuk membuat pengunjung tertarik dengan situs web kita:

link dari search engine/situs lain diarahkan menuju halaman utama dari situs kita, sehingga memaksa pengunjung untuk mengeksplorasi situs kita lebih lanjut.

link dari search engine/situs lain langsung diarahkan menuju halaman yang berisi fasilitas yang ditawarkan. Dan dari setiap layanan yang diberikan, pengunjung ‘dibujuk’ untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. ‘Bujukan’ itu sendiri bisa berupa beberapa preview image yang menarik, banner, dan lain-lain.

As_3d

Menurutmu cerita ini bagaimana?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Mumble-ing